Friday, February 17, 2012

Metal

Apa yang kalian pikirkan jika anda mendengar kata "metal" ? Pastinya anda akan berpikir tentang bunyi musik yang sangat berisik, tidak bisa dinikmati, orang2 yang nggak nggenah, dsb . . Tapi sebenernya nggak semua itu benar.

Menurut saya, metal itu aliran musik yang keras, sedikit merusak telinga, tempo cepat, agresif, penuh skill,  dan biasanya berdurasi lama (di atas 5 menit).

Musik metal itu bermacam - macam jenisnya, menurut yg saya tahu yaitu :
1. Classic Metal                  7. NWOBHM (New Wave of British Heavy Metal)
2. Prog Rock                      8. Speed Metal / Power Metal
3. Blues-rock                    9. Thrash Metal
4. American Metal             10. Instrumental Metal
5. Punk                            11. Death Metal / Black Metal
6. Hair Metal                    12. Alternative Metal

Sebenernya musik itu kan bebas dan sesuai selera masing2, tapi nggak selamanya metal itu membisingkan (tergantung dari harmonisasi lagu). Dari beberapa contoh di atas, menurut saya jenis yang masih ada harmonisasinya tetapi tetap metal : Classic Metal, Blues rock, Hair Metal, Speed Metal / Power Metal (jarang), Thrash Metal, dan Instrumental Metal.

Metal hampir atau bahkan selalu identik dengan orang2 yang nyeleneh, seperti rambut panjang, tato, tindik, narkoba, dan lain-lain. Namun ada juga ada sejenis aliran yang mengarah pada 'satanic' , 'horrus' dan sebagainya . . adalah sejenis Death Metal / Black Metal. Aliran ini biasanya memakai lambang2 setan atau pola2 yang membentuk sebuah simbol 'illuminati'. Dan menurut saya, aliran inilah yang membuat citra musik metal sedikit kotor dan saya pun juga tidak menyukai aliran ini.

Punk. . . pasti yang anda pikirkan ketika mendengar kata ini pasti berhubungan dengan sesuatu yang buruk, entah penampilan ataupun lagunya. Sebenernya Punk itu dulu namanya nggak jadi seburuk saat ini. Dulu Punk itu musiknya hampir sama ky musik metal pada umumnya, dan nggak identik dengan rambut mohawk tetapi panjang. Entah kenapa, sekarang nama Punk menjadi sangat buruk, terutama karena dijadikan nama gaya rambut 'punk' dan para anak jalanan yang menyebut dirinya sebagai anak punk. . . Sungguh sangat disayangkan, ketika sebuah aliran musik dijadikan menjadi sebuah julukan yang berkonotasi negatif. Meskipun saya pun juga tidak menyukainya. . . hehe

Ini dia yang aku suka! Thrash Metal & Instrumental Metal. Thrash Metal itu genre yang nggak seratus persen lagunya full metal. Aku maksudkan yaitu metal yang didalamnya terdapat harmonisasi. Enggak sekedar asal bunyi tetapi bunyi nada2nya sangat dipehitungkan. Harmonisasi bisa macam2 letaknya, bisa di awal, tengah, akhir, atau merata. Harmonisasi sangat berperan penting dalam musik. Kenapa ? karena hal tersebut dpt menambah nilai musik / lagu dan mengurangi kejenuhan dalam mendengarkan lagu (terutama lagu yang berdurasi lama). Di Thrash Metal ini ada yang namanya 'The Big Four' yaitu 4 band thrash metal terbesar ( Metallica, Megadeth, Slayer, Anthrax). Tapi dari keempat band tersebut paling saya sukai adalah Metallica ! ! !  \m/

Untuk membuktikan metal itu musiknya juga bernilai, coba kalian dengarkan lagu2 Metallica berikut ini : One (di awal-tengah lagu), The Unforgiven, The Unforgiven II, Nothing Else Matters, Hate Train (sedikit waktu reff), The Day That Never Comes (di awal-tengah lagu), Fade To Black, dan Master of Puppets (sedikit harmonisasi sebelum solo)

Selanjutnya Instrumental Metal / biasa disebut Instrument Metal. Apa itu Instrument Metal ? Yaitu jenis musik yang isinya seratus persen hanya instrument (biasanya lead gitar & diiringi alat musik lain) tanpa ada vokal. Saya juga suka dengan musik ini karena saya sbg gitaris pasti lebih berkontribusi / berperan penting dalam lagu, karena saya tidak bisa menyanyi. . . haha. Berikut beberapa contoh artis / gitaris yang bermain dalam aliran ini, yaitu : Steve Vai, Paul Gilbert, Joe Satriani, John Petrucci, Yngwie Malmsteen, Michael Angelo Batio, Buckethead, dan lain - lain.

Namun, meskipun begitu, musik metal tetaplah metal, metal akan hidup selamanya, meskipun di zaman globalisasi ini banyak orang bermusik hanya untuk komersialisasi semata. Tetapi metal akan tetap berada di jalurnya, dengan mengutamakan skill2 yang hebat dan bermusik karena keinginan sendiri, bukan karena pekerjaan, uang, popularitas, dan lain sebagainya.
Metal Never Die . . ! ! !

Semoga info ini bermanfaat bagi agan - agan pecinta musik metal atau mungkin yang lain juga. Sekian.

No comments:

Post a Comment