Thursday, April 26, 2012

About My Gears


Udah lama aku mau post ini, tapi karna ada UN, jadi diundur lama deh. Di sini aku cuma mau share aja tentang barang2 ku yang punya cerita tersendiri. Gak usah aku sebutin nama barangnya, kalian juga akan tau kalo udah lihat gambarnya. Cekidot :

1.) My First Guitar (Gio Ibanez GRG170DX) :

                Gitar ini adalah gitar pertamaku, aku beli gitar ini di Nova Music Guitar & Headquarters. Harga awalnya sekitar 2,3 jutaan, tapi karna waktu itu ada diskon + proses tawar menawar, harganya jadi 1,6 juta . . kan lumayan, hehe. Karna dulu aku masih newbie, jadinya aku gak tau sama sekali mana gitar yg bagus / nggak. Tapi gak tau kenapa aku ditawari suruh milih yang ini, terus yaudah akhirnya aku beli yg ini aja.
               Oiya, ini barang gak akan aku jual soalnya punya sejarah banyak. Gitar ini udah banyak banget menangin lomba2. Dan sayang banget kalo dijual. kalo ngomongin karakter, ini pickupnya 2 Humbucker + Single Coil, dan suaranya 'loud' banget & cukup garang kalo pake distorsi, kurang lebih tipenya mid-treble. Jarak antara senar & necknya cukup rendah ditambah jenis string ukuran 0.08 mbuat gitar ini nyaman & ringan saat menekannya (tapi mesti di-set dulu). Untuk ngelestariin gitar ini, belum lama aku cat ulang motif Eddie Van Halen Black & White. baca kelanjutannya di bawah.




2.) My First Amplifier (Line 6 Spider III) :

        

       Ampli ini adalah ampli pertamaku. Aku beli di Nova juga. Waktu aku beli ini, sebenernya kepepet banget soalnya besoknya butuh ampli untuk pentas. Jadinya aku gak sempet pilih2 dan ya akhirnya aku beli yang ini. Ampli ini distorsi internalnya bagus, apalagi yg 'Insane' tapi sayangnya ampli ini kalo volumenya dibesarin, suaranya pasti pecah nggak karuan. Selain itu, aku juga gak tau kenapa, kalo dipasang input efek, (terutama distorsi) pasti suaranya gak bisa plong keluar, tapi malah 'mendem'. Jadinya, ini ampli aku pake didalem kamar aja & gak untuk main yang butuh volume besar.







3.) My First Effect (BOSS MT-2 Metal Zone) :



         Ini efek pertamaku. Kali ini aku gak beli di Nova karna harganya fix & gak bisa di nego, soalnya waktu itu efek ini masih baru dikeluarin pabriknya. Kalo di Nova harganya 900 ribu, tapi aku beli ke distributornya langsung lewat guru gitarku, cuma 750 ribu (kalo udah masuk toko, khusus efek ini harga ga bisa di bawah 900 ribu). Ngomongin suaranya ? jangan tanya, judulnya aja "Metal Zone" ya pasti karakternya super metal, distorsi tebal, garang & pedas. Ini efek keren banget kalo dipasang di ampli yang besar, apalagi Marshall. Metal bangetlah pokoknya.






4.) My Second Guitar (Ibanez S420) :

    
          Ini adalah gitar keduaku, awalnya, aku gak berpikir untuk beli gitar lagi, tapi untuk keperluan studio & tuntutan level, haha!! *just kidding* jadinya harus ada 1 lagi. Gitar ini aku beli di Semarang, Halmahera Music. Awalnya aku pengen cari yang merk metal ky LTD / ESP, tapi karna gak ada, jadinya aku pilih Ibanez lagi, tapi kali ini S series. Waktu itu udah cukup pengetahuan mengenai gitar, dan karna aku adalah salah seorang fans dari Steve Vai, yang suka main handle, jadi aku pilih gitar yang ada handle bisa di up & down.
         Pickupnya 2 Humbucker INF 1 & INF 2. Karakternya ngebass, rapi, low noise, & bersih. Suaranya gak se garang yang Gio, tapi yang ini bersih banget suaranya. Sampe sekarang aku masih melakukan penelitian gimana caranya setting ini gitar bisa diangkat2 / handlenya di up sampe full tapi senarnya gak putus, ky Steve Vai. Belum lama aku udah berhasil, tapi masih belum mulus, kadang putus. Karna ini gitar up-down, jadi butuh senar yang lebih tebal dan membuat jari sedikit sakit kalo belum terbiasa, yang ini aku pasang 0.10 biar aman. Enaknya kalo gitar ini tu kalo senarnya putus, bisa di Re-use lagi, karna masang senarnya itu dijepit dari atas & gak disangkutin dari belakang.
        Gitar ini juga udah menangin cukup banyak lomba, dan untuk pertama kalinya, aku pernah mutusin senar waktu main di panggung pake gitar ini. Tapi untungnya semua itu terkendali. hehe . . .





5.) My Second Amplifier (Roland Cube 30x) :

  
     Ini adalah ampli keduaku. Aku beli ampli ini untuk keperluan studio, biar gak ngangkut2 lagi. Aku beli di Nova Music Guitar & Headquarters. Karakternya cukup bagus, suara bagus, cukup jernih & kalo volumenya dikerasin nggak terlalu pecah. Di ampli ini ada tombol namanya 'squeeze' untuk ngecilin watt. Jadi kalo kita gak butuh volume yang keras, kita bisa tekan tombol ini untuk menghemat listrik. Selain itu di ampli ini terdapat tuner untuk nyetem. Jadi kita gak perlu repot2 ngelepas jack ke tuner dsb. . kita cukup tekan tombol tuner aja, terus diatur sendiri. Channel yang aku suka dari ampli ini, yaitu channel accoustic, suara cleannya itu jernih banget, jadi ky main gitar akustik beneran.






6.) My Second Effect (Zoom G2.1u) :

      Ini adalah efek keduaku. Aku beli efek ini di Nova lagi, hehe. Karna di sana isinya cuma gitar & perlengkapannya, makanya aku beli di sana. Aku bangga banget waktu beli efek ini karna aku beli pake uang tabunganku sendiri hasil dari lomba, ID, uang jajan, dsb. . Aku beli efek digital ini soalnya aku butuh warna suara lain, kan bosen kalo distorsi terus. Kalo di sini kan lengkap, ada anti noise, distorsi, EQ, modulasi, delay, reverb, wah, volume control, pitch, harmonic dll . . kualitas suaranya bagus & jelas, cuma sayang, wahnya kurang deep, & masih terasa agak ngambang. Tapi secara keseluruhan bagus. Di sini gak cuma ada efek, tapi juga ada tuner & rythm drum untuk nge-jam kalo lagi main sendiri. Ketukan banyak, mulai dari pop, blues, rock, reggae, sampe jazz juga ada. Tempo bisa diatur. Efek ini juga ada software dari bawaannya untuk disambungin ke komputer kalo mau recording.


7.) My Customized Guitar (Gio Ibanez GRG170DX) :
Before


After






































        Ini adalah revolusi dari gitar Gio Ibanez ku yang tadi. Awalnya warna biru, tapi karna banyak cat yang rusak, akhirnya aku cat ulang aja, tapi aku ini pake desainnya Eddie Van Halen yang black & white. Aku suka karna motifnya unik & berkesan abstrak. Gitar ini aku catkan di tempat temennya guru gitarku. Waktu pengecatannya cukup lama (kurang lebih 1 minggu) karna catnya berlapis & harus dilakukan berulang2. Harganya pun awalnya cukup mahal, soalnya dia bilang motifnya susah & rumit, tapi akhirnya harga bisa ditekan lagi & bisa dapet lebih murah karna guru gitarku. . . hahaha ! ! 







Sekian dulu, terima kasih.




1 comment:

  1. Kabar baik untuk Anda semua yang Anda butuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda, Anda perlu meminjam uang untuk meningkatkan komersialisasi organisasi Anda? Atau Anda ditolak kredit dari bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan, atau tidak? Anda perlu berbagi beban pinjaman atau hipotek? Anda memiliki lokasi yang tepat untuk utang Anda di sini! Emamllua pinjaman perusahaan pinjaman kepada orang-orang terkenal - dan terkenal.
    Manfaat yang rendah dan dapat diterima dari 2% tanpa colerteral.
    Silahkan hubungi kami di E-mail kami hari ini jika Anda perlu meminjam Email: Emamllualoanfirm@gmail.com.

    ReplyDelete